Press "Enter" to skip to content

Slogan dan Visual Gizi Seimbang

Safwan Sy 0

SLOGAN GIZI SEIMBANG

Slogan adalah susunan beberapa kata menjadi suatu frasa yang singkat mempunyai makna, mudah diungkapkan dan dipahami. Slogan gizi adalah slogan yang mengandung makna tujuan jangka panjang atau visi perbaikan atau pembangunan gizi.

Dahulu Indonesia telah memiliki Slogan Gizi yang disebut “4 Sehat 5 Sempurna”. Susunan empat kata ini telah teruji selama puluhan tahun mudah diungkap, mudah dipahami dan mempunyai makna mengonsumsi empat kelompok makanan setiap hari dapat memenuhi kebutuhan gizi tubuh sehingga turut mewujudkan hidup sehat. Bila dilengkapi dengan kelompok pangan yang kelima maka pemenuhan kebutuhan gizi dan derajat kesehatan yang dicapai semakin sempurna. Slogan ini sesuai perkembangan IPTEK dan permasalahan gizi pada masanya dimana pedoman gizi hanya berdasarkan prinsip keragaman dari lima kelompok pangan.

Perkembangan IPTEK gizi menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi lima kelompok pangan tersebut dalam 4 Sehat 5 Sempurna, belum memadai untuk mencapai hidup sehat dan cerdas. Diperlukan pula air sebagai zat gizi yang jumlahnya jauh lebih banyak dari kebutuhan pangan sehari-hari. Juga diperlukan kebersihan diri dan keamanan pangan agar terhindar dari kemungkinan penyakit yang menular melalui makanan. Makan saja tanpa disertai dengan aktifitas fisik akan menimbulkan kegemukan dan jauh dari kebugaran. Oleh karena itu penyempurnaan pedoman gizi dari 4 Sehat 5 Sempurna menjadi Gizi Seimbang perlu disertai dengan pengembangan Slogan Gizi yang baru.

Baca juga :   Gizi Seimbang untuk Berbagai Kelompok

Dengan mempertimbangkan visi pembanguanan gizi jangka panjang adalah untuk mewujudkan generasi atau bangsa yang sehat, cerdas dan unggul atau mampu bersaing, serta masukan dari berbagai pihak melalui lomba dan ujicoba hasil lomba Slogan Gizi, maka Slogan Gizi Seimbang yang baru adalah “GIZI SEIMBANG BANGSA SEHAT BERPRESTASI”.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata berprestasi berarti mempunyai atau meraih suatu hal atau capaian. Itu artinya Gizi Seimbang menjadi syarat mutlak atau hal penting untuk mewujudkan generasi atau bangsa yang sehat, cerdas, berprestasi, unggul bersaing sehingga menjadi perhatian dan disegani bangsa-bangsa lain dalam persahabatan global.

 

VISUAL GIZI SEIMBANG

Visual adalah bentuk atau gambar yang bila dimanca negara disebut panduan pangan (Food Guide), ada yang berbentuk piramida, bentuk Pagoda, bentuk Gasing dan lain sebagainya sesuai nilai-nilai yang berkembang dimasing-masing negara. Visual gizi seimbang adalah bentuk gizi seimbang yang menggambarkan semua prinsip Gizi Seimbang yaitu beragam pangan, kebersihan dan keamanan pangan, aktifitas fisik dan pemantaun berat badan bagi masyarakat di suatu wilayah atau bangsa.

Ada dua visual gizi seimbang, yaitu Tumpeng Gizi Seimbang dan Piring Makanku, Porsi Sekali Makan.

  1. Tumpeng Gizi Seimbang tumpeng gizi seimbang

Tumpeng Gizi Seimbang dimaksudkan sebagai gambaran dan penjelasan sederhana tentang panduan porsi (ukuran) makanan dan minum serta aktifitas fisik sehari-hari, termasuk cuci tangan sebelum dan sesudah makan serta memantau berat badan. Tumpeng Gizi Seimbang yang baru ini merupakan penyempurnaan dari Tumpeng Gizi Seimbang yang sebelumnya, setelah mendapat masukan dari berbagai pihak termasuk ujicoba lapangan kepada petugas kesehatan dan non kesehatan ditingkat kecamatan dan para kader dan peserta posyandu.

Baca juga :   Pesan Gizi Seimbang untuk Ibu Hamil

Dalam Tumpeng Gizi Seimbang (TGS) ada empat lapis berurutan dari bawah ke atas, dan semakin ke atas semakin kecil.

  • Empat lapis artinya Gizi Seimbang didasarkan pada prinsip 4 pilar gizi seimbang yaitu beragam pangan, aktifitas fisik, kebersihan diri dan lingkungan dan pemantaun berat badan.
  • Semakin ke atas ukuran tumpeng semakin kecil berarti pangan pada lapis paling atas yaitu gula, garam dan lemak dibutuhkan sedikit sekali atau perlu dibatasi.

Pada setiap kelompok pangan dituliskan berapa jumlah porsi setiap kelompok pangan yang dianjurkan. Misalnya pada kelompok sayuran tertulis 3-4 porsi sehari, artinya sayuran dianjurkan dikonsumsi oleh remaja atau dewasa sejumlah 3-4 mangkuk sehari. Satu mangkuk sayuran beratnya sekitar 75 gram, sehingga perlu makan sayur sekitar 300 gram sehari. Sebelah kanan tumpeng ada tanda tambah (+) diikuti dengan visual segelas air putih dan tulisan 8 gelas. Ini artinya dalam sehari setiap orang remaja atau dewasa dianjurkan untuk minum air putih sekitar 8 gelas sehari.

Selain makanan dan minuman dalam visual TGS ini juga ada pesan cuci tangan sebelum dan sesudah makan yang divisualkan oleh gambar cuci tangan menggunakan air mengalir, juga berbagai jenis aktifitas fisik (termasuk olahraga) dan kegiatan menimbang berat badan. Kegiatan fisik dianjurkan untuk dilakukan paling tidak tiga kali seminggu dan memantau berat badan setiap bulan.

  1. Piring Makanku: Sajian Sekali Makan

piring makanku - sajian sekali makan

Piring makanku: sajian sekali makan, dimaksudkan sebagai panduan yang menunjukkan sajian makanan dan minuman pada setiap kali makan (misal sarapan, makan siang dan makan malam). Visual Piring Makanku ini menggambarkan anjuran makan sehat dimana separoh (50%) dari total jumlah makanan setiap kali makan adalah sayur dan buah, dan separoh (50%) lagi adalah makanan pokok dan lauk-pauk.

Baca juga :   10 Pesan Umum Gizi Seimbang

Piring Makanku juga menganjurkan makan bahwa porsi sayuran harus lebih banyak dari porsi buah dan porsi makanan pokok lebih banyak dari porsi lauk-pauk. Piring makanku juga menganjurkan perlu minum setiap kali makan, bisa sebelum, ketika atau setelah makan. Meskipun gambar gelas hanya satu buah dalam visual ini, tidak berarti bahwa minum dalam satu kali makan hanya satu gelas, bisa saja disesuaikan dengan kebutuhan, misalnya segelas sebelum makan dan segelas lagi setelah makan.

Makan dan minum tidak ada artinya bila tidak bersih dan aman termasuk tangan dan peralatan makan. Oleh karena itu, sejalan dengan prinsip gizi seimbang makan dalam visual Piring Makanku juga dianjurkan untuk cuci tangan sebelum dan sesudah makan. Karena Piring Makanku adalah panduan setiap kali makan, maka tidak diperlukan anjuran aktivitas fisik dan pemantauan berat badan. Kedua hal ini cukup divisualkan pada gambar Tumpeng Gizi Seimbang.


REFERENSI

Kemenkes RI. 2014. Pedoman Gizi Seimbang 2014. Jakarta: Direktur Jenderal Bina Gizi  dan KIA.

 

 

Please Leave a Reply / Comment