Press "Enter" to skip to content

Fluor Albus : Mengenal dan Mengatasi Masalah Keputihan

Safwan Sy 0

Keputihan (leukore atau fluor albus) adalah cairan yang keluar dari vagina. Keputihan merupakan masalah yang sering terjadi dan cukup mengganggu bagi kaum wanita. Keputihan merupakan hal yang normal atau fisiologis yang terjadi setiap bulan. Gejala ini merupakan proses normal yang muncul saat menjelang menstruasi atau sesudah menstruasi dan masa subur.

Hanya saja, keputihan normal (fisiologis) tidak berwarna putih dan tidak cocok disebut keputihan, karena cairan sekresi berwarna bening, tidak lengket, dan tidak mengeluarkan bau yang meyengat. Peristiwa ini lebih banyak dipengaruhi oleh sistem hormonal, sehingga banyak sedikitnya secret/cairan vagina sangat bergantung pada siklus bulanan dan stress yang juga dapat mempengaruhi siklus bulanan seorang wanita.

Sementara keputihan abnormal atau disebutĀ  keputihan patologis merupakan hal yang patut diwaspadai. Keputihan patologis umumnya terjadi akibat infeksi oleh bakteri, virus, jamur atau parasit, sehingga menimbukan rasa gatal di dalam vagina dan sekitar bibir vagina bagian luar. Selanjutnya, keluar cairan putih atau kekuningan yang kental disertai rasa gatal atau sakit serta bau yang tidak sedap. Daerah vagina pun menjadi tidak nyaman karena lembab atau terasa basah.

Sebenarnya vagina telah memiliki keseimbangan keasaman vagina dan bakteri. Karena itulah, membasuh vagina secara berlebihan akan membuang bakteri baik, apalagi jika menggunakan sabun, cairan atiseptik atau cairan/ramuan herbal. Hal ini dapat menimbulkan keputihan patologis, karena bakteri baik telah mati, sehingga tidak lagi memiliki pertahanan yang cukup terhadap infeksi.

Baca juga :   Mual Muntah Berlebihan Selama Kehamilan (Hiperemesis Gravidarum)

Seringkali keputihan sulit diobati, karena penyebabnya bermacam-macam. Cara terbaik adalah melakukan kultur dengan pengambilan secret keputihan di laboratorium klinik dan menyerahkan kepada ahlinya untuk memutuskan pilihan antibiotik yang tepat untuk mengobatinya.

5 penyebab keputihan (leukore atau fluor albus) patologis, yaitu:

  1. Kurang menjaga kebersihan vagina.
  2. Memakai pakaian dalam yang ketat dari bahan sintetik (bukan katun), sehingga berkeringat dan memudahkan timbulnya jamur.
  3. Membilas vagina dari arah yang salah, yaitu dari arah anus ke arah depan vagina.
  4. Sering mandi merendam dengan air hangat dan panas. Jamur yang menyebabkan keputihan lebih mungkin tumbuh di kondisi hangat.
  5. Tidak menjalani pola hidup sehat.

Sumber bacaan:

Gracia, Novi. 2016. Mengenal dan Mengatasi Keputihan. Life Love Laughter Majalah Keluarga Anda Edisi 19-2016. Mitra Keluarga Group

 

Please Leave a Reply / Comment